Asia

Africa

/ / / / / 13 Wisata Di Kediri Yang Bikin Kalian Gak Nyesel

Sebutan lain Kota Kediri adalah Kota Tahu. Terletak 130 km sebelah barat daya Kota Surabaya dan merupakan Kota ketiga terbesar setelah Kota Surabaya dan Malang. Memiliki luas wilayah 63,40 km dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Kediri. 

Lokasi untuk wisata paling banyak terletak di Kabupaten Kediri. Karena letaknya yang lebih luas dari Kota Kediri sendiri. Banyak wisata yang disuguhkan meliputi edukasi, wisata keluarga dan tentunya akan bikin kalian gak nyesel karena pernah ke Kediri. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Kediri.
1. Simpang Lima Gumul 
Simpang Lima Gumul atau biasa disebut SLG ini merupakan sebuah persimpangan  antara 5 titik ruas jalan yang ditengah-tengahnya dibangun monumen sedemikian rupa. Monumen ini sekaligus dijadikan sebagai ikon kabupaten Kediri. Yang membuat menarik dari tempat ini adalah bentuknya yang menyerupai Arc de Triompe di Paris, Perancis. Terletak di Desa Tugurejo, kecamatan Ngasem, kabupaten Kediri, Jawa Timur.
2. Gunung Kelud 
Gunung Kelud merupakan gunung aktif di Kediri. Akan tetapi memiliki panorama yang indah yang cocok untuk dikunjungi para traveller. Terletak di perbatasan antara kebupaten kediri, kabupaten blitar dan kabupaten malang kira-kira 27km sebelah timur pusat kota kediri. Jika Anda ingin berkunjung ke wisata ini, Anda harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-.
3. Air Terjun Dholo 
Kediri menyimpan berbagai kekayaan Alam salah satunya adalah Air Terjun Dholo, yang terletak 4km dari air terjun Irenggolo. Tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo,Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Wisata ini termasuk jarang dikunjungi oleh para pengunjung karena lokasinya yang bisa dibilang cukup jauh dan susah untuk dituju. Tetapi jika anda sudah sampai di lokasi, maka lelah Anda akan terbayar dengan keindahan pemandangan di Air Terjun Dholo. Objek wisata Air Terjun Dholo menyediakan beberapa fasilitas bagi para pengunjung diantaranya adalah Kantin dan Musholla. Selain itu ada fasilitas lain untuk tempat olahraga pagi juga taman bermain dan tempat untuk perkemahan bagi yang ingin bermalam disana.
4. Goa Selomangkleng
Tempat wisata bersejarah ini terletak di Desa Waung Kecamatan Mojoroto. Konon katanya goa selomangkleng ini dulunya merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci purti raja Erlangga yang menolak menerima tahta diwariskan padanya. Selain itu disamping goa ini, Anda juga bisa menemukan wisata lain seperti contohnya Gunung Klotok, Museum Airlangga dan masih ada lagi wahana permainan untuk anak-anak.
5. Kampung Inggris Pare 
Wisata edukasi kampung inggris di Pare. Merupakan suatu kampung dimana warganya menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi sehari-hari. Di kampung tersebut banyak dibuka lembaga-lembaga kursus bahasa inggris. Jika Anda ingin lancar berbahasa inggris, Anda bisa datang ke kampung inggris. Banyak pelajar maupun mahasiswa yang mengisi waktu liburan untuk belajar bahasa inggris disini.
6. Bukit Dhoho Indah
Objek wisata ini terletak di desa tiron, Banyakan, Kediri, Jawa timur atau biasa disebut wisata BDI. Wisata ini merupakan tempat yang pertama kali menyediakan wahana hammock di kediri. Termasuk wisata baru namun langsung ramai pengunjung. BDI cocok digunakan untuk tempat bersantai dengan teman maupun keluarga, karena selain tempatnya yang sejuk juga ada wahana bermain untuk anak-anak. Juga ada fasilitas kantin dan musholla. Bagi yang hoby memancing, BDI menyediakan kolam pemancingan. Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000,- namun bisa untuk sepuasnya. Sedangkan biaya masuk di BDI sendiri hanya Rp 5.000,- per orang. Cukup murah bukan? :) 
7. Sumber Podang
Bagi yang sedang melakukan traveling di kediri silahkan mampir ke wisata yang satu ini. Terletak di dusun karangnongko, desa joho, kecamatan semen, kabupaten kediri. Tempatnya cukup menarik karena nuansa perdesan masih sangat terasa. Selain potensi alamnya yang luar biasa, Sumber Podang juga menyediakan wisata sejarah, wisata edukasi dan bahkan wisata outbond juga tersedia disini. Biaya masuknya-pun cukup murah hanya Rp. 3.000,- namun Anda masih harus berjalan sekitar 1km kemudian memarkir kendaraan anda dengan biaya parkir sebesar rp. 5.000,-. Selamat berkunjung.
8. Goa Maria Lourdes Puhsarang 
Kali ini sedikit membahas wisata religi khusus umat khatolik. Tempatnya terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Goa maria lourdes merupakan duplikasi dari goa maria lourdes yang ada di perancis.  Patung-patungnya yang unik sekaligus tempatnya yang cukup menarik membuat goa maria atau biasa disebut goa puhsarang ini selalu ramai pengunjung. Yang berkunjung tidak hanya dari kalangan umat katholik, namun dari agama lain juga bisa kesana untuk berwisata. Jika anda ingin berkunjung kesana, Anda cukup mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- per motor.
9. Candi Tegowangi 
Sesuai dengan namanya, candi ini terletak di desa Tegowangi, kecamatan Plemahan, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Candi ini diperkirakan berdiri sekitar abad 14 pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Candi Tegowangi ini merupakan tempat untuk penjelmaan Bhre Metahun. Bentuk candi ini bujur sangkar dan dihias relief  yang menceritakan tentang ruwat (pensucian) Dewi Durga dalam bentuk jelek dan jahat menjadi Dewi Uma yang cantik dan baik hati.
10. Candi Surawana
Candi Surawana merupakan candi hindu yang berada di daerah Pare tepatnya di desa Canggu kecamatan Pare, Kediri, East Java. Candi ini merupakan tempat pemujaan bagi Dewa Wisnu yang berada dibawah kekuasaan Majapahit. Sayangnya, bangunan candi ini sekarang sudah tidak utuh dan menunggu untuk diperbaiki. Namun tidak ada salahnya jika kita ingin berkunjung kesana. 
11. Gumul Parade Island (GPI)
Masih seputar wisata air yang ada di Kediri. Wisata ini letaknya di sekitar Simpang Lima Gumul lebih tepatnya Jl. Simpang Lima Gumul desa Sumberejo kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Jawa Timur. GPI menyediakan banyak macam wahana permainan air. Selain itu juga menyediakan fasilitas toilet, musholla, food court, loker, giftmart, dll. Biaya tiket masuk hanya Rp 30.000,- untuk weekday, sedangkan weekand Rp 35.000,- 
12. Bendungan Waru Turi 
Bendungan Waru Turi ini sebenarnya merupakan bendungan yang digunakan untuk mengatur irigasi persawahan milik warga sekitar lokasi bendungan. Namun Bendungan Waru Turi juga menyediakan wisata penunjang seperti kolam renang, kandang kijang, padang golf, wahana bermain untuk anak-anak, driving range, perahu motor serta sepeda air, juga taman air yang indah nan asri. Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung hanya ditarik pajak sebesar Rp 2.000,- per orang. Murah bukan?
13. Air Terjun Ngleyangan  
Selain air terjun Dholo dan Irenggolo, Air Terjun Ngleyangan juga tidak kalah keren. Bagi Anda yang suka banget Ngetrip, boleh ni mampir kesini. Tempatnya di daerah Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Konon katanya, air terjun ini dulunya pernah ditinggali oleh Mpu Brahmarja dan putrinya Dewi Aminasi (Dandang gadis) untuk sementara waktu sebelum akhirnya mereka dijemput untuk kembali ke Keraton Kediri dan menjadi Raja Kediri yang bergelar Srikertajaya.

Sudah menentukan akan liburan kemana Anda? Tetap jaga keselamatan dan kesehatan Anda saat berkendara.

«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama

About Elvia Zahroq

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.