Asia

Africa

/ / / / / Wisata Tulungagung Yang Menarik Buat Dikunjungi


 1. Bendungan Wonorejo 


Bendungan Wonorejo sebenarnya merupakan bendungan yang digunakan untuk menampung air yang berlebihan yang dulunya sering menyebabkan banjir di daerah Tulungagung. Bendungan ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Selain itu bendungan wonorejo juga digunakan sebagai pengairan, pembangkit tenaga listrik, perikanan, tempat olahraga sekaligus tempat wisata.


Sekilas tentang bendungan wonorejo ada yang mengatakan bahwa bendungan tersebut merupakan bendungan terbesar di Indonesia bahkan juga di Asia tenggara, namun berita tersebut masih belum jelas kebenarannya. Siapapun akan kagum melihat pesoana alam di bendungan wonorejo. Disatu sisi terdapat gunung batu besar bertuliskan "Bendungan Wonorejo" dan disepanjang kanan kiri jalan terdapat hamparan air yang begitu melimpah dan dikelilingi pegunungan dan bukit-bukit hijau.
Jika anda ingin berkunjung ke wisata di bendungan wonorejo, Anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 7.000,- saat weekday dan saat weekand sebesar Rp 10.000,- per orang. Selain itu Anda akan ditarik lagi biaya parkir sebesar Rp 5.000,-.


Rute menuju bendungan wonorejo adalah jika dari arah Surabaya ikuti arah ke Tulungagung. Selanjutnya ikuti juga arah ke wonorejo hingga sampai ke pintu masuk wonorejo. Setelah sampai di pintu masuk wonorejo, ikuti jalan menuju SD, setelah sampai di pertigaan jalan ambil arah lurus saja (apabila belok kanan adalah menuju arah ranugumbolo).

2. Ranugumbolo 


Ranugumbolo Tulungagung - Tempatnya tidak jauh dari waduk wonorejo karena masih dalam satu kawasan. Kalau lagi berkunjung ke bendungan wonorejo, usahain juga buat mampir kesini. Akses jalan menuju ke ranugumbolo terbilang sangat mudah hanya saja ada sedikit aspal yang rusak. 



Ranugumbolo sebenarnya bukan nama aslinya, ini hanya sebutan karena bentuknya yang mirip dengan Ranugumbolo yang ada di mahameru. Kemudian orang-orang sekitar menyebutnya ini Ranugumbolonya tulungagung. Fasilitas yang disediakan di ranugumbolo adalah hammock, toilet, gazebo, juga ada rumah pohon bagi yang ingin menikmati pemandangan ranugumbolo dari atas. 

3. Tumpak Bledek 

Setelah puas foto-foto di wonorejo dan ranugumbolo, kita lanjut lagi ke wisata Tumpak Bledek. Tumpak bledek ini dulunya merupakan tempat penambangan. Pesonanya pun tidak kalah menarik dengan bendungan Wonorejo dan Ranugumbolo. Untuk menuju Tumpak Bledek cukup mudah, dari parkiran Ranugumbolo ikuti saja jalan kira-kira 4km sampai menemukan rumah kanan jalan, nah tumpak bledeknya terletak di kiri jalan. Anda bisa memarkir kendaraan dibawah agar jalan kaki tidak terlalu jauh. 


Demikian Ngetrip kali ini, Buat kalian yang lagi main di Tulungagung, saya sarankan buat mampir kesini. Wisata Alam yang berhubungan dengan air. Sayang sekali kalau dilewatkan. Mari NGEtrip. 

«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama

About Elvia Zahroq

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.